Pengembangan Sumber Belajar

Annisa Safitra, Ermatiana Ermatiana, Khairinnisa Anjumi

Abstract


Sebagai garda terdepan dalam pendidikan, guru memiliki tanggung jawab besar untuk
mengembangkan materi pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar
yang ada. Saat ini, konsep bahan ajar telah berkembang dan mampu beradaptasi dengan
kebutuhan zaman. Konsep pengembangan sumber belajar ini memungkinkan kita untuk
memahami secara menyeluruh pengertian, tujuan, dan manfaatnya. Sumber belajar
merupakan elemen kunci dalam proses pembelajaran, karena ia merupakan seperangkat
materi pembelajaran yang disusun secara sistematis dan mencerminkan kompetensi yang
ingin dicapai oleh siswa.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengungkap konsep pengembangan
sumber belajar yang mencakup berbagai aspek, tidak hanya buku-buku rujukan.
Manusia, lingkungan, media massa, dan media pembelajaran lainnya juga menjadi bagian
penting dalam proses pembelajaran. Dengan mengoptimalkan penggunaan sumber
belajar ini, diharapkan penguasaan materi oleh siswa akan meningkat secara signifikan


Keywords


Konsep, Pengembangan Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


B. P. Sitepu. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014.

Cahyadi, Ani. Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Banjarmasin: Laksita Indonesia,

Januszewski, A dan Molenda, M. Educational Technology: A Definition with

complementary. New York: Lawrence Erlbaum Associates. 2008.

Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pustekkom. 2004.

Muhammad. Sumber Belajar. Mataram: Sanabil Publishing, 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan KITA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.