STUDI KOMPARATIF MINAT BELI MASYARAKAT DI PASAR SENTRAL SIMPANG LIMUN DAN PASAR MINGGUAN DI JALAN GARU II
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengaruh dari faktor harga dan jarak terhadap minat beli masyarakat pada pasar trasdisional di Kota Medan, yaitu Pasar Sentral dan Pasar Mingguan. Penelitian ini bersifat deskriptif komparatif dengan teknik analisis data menggunakan Uji T-Paired (Uji T-Pasangan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh nyata terhadap minat beli masyarakat dimana perbedaan harga yang mencolok akan mempengaruhi masyarakat untuk berbelanja di pasar tersebut. Sementara itu, faktor jarak tidak berpengaruh nyata. Hal ini disebabkan karena jarak tidak berpengaruh langsung terhadap daya beli masyarakat sehingga tidak begitu mempengaruhi minat beli masyarakat untuk berbelanja di pasar tersebut
Kata kunci: Harga, Jarak, Minat Beli Masyarakat, Pasar Tradisional
ABSTRACT
This study aims to compare the influence of price and distance factors on people's buying interest in traditional markets in Medan City, namely the Central Market and the Weekly Market. This research is descriptive and comparative with data analysis techniques using the T-Paired Test. This study shows that price has a real effect on people's buying interest where the striking price difference will affect people to shop in the market. Meanwhile, the distance factor has no natural effect. This is because distance does not directly affect people's purchasing power, so it does not significantly affect people's buying interest in shopping at the market.
Keywords: Price, Distance, People's Buying Interest, Traditional MarketKeywords
Full Text:
PDFReferences
Handayani, S. P. N., & Suardi. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi, Harga dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk di Planet Distro Sragen. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 16(1), 15–20.
Haryati, T., & Wahid, J. (2018). Pengaruh City Branding “Beautiful Malang”, Citra Kota, Terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Wisatawan Kota Malang 2017). Sketsa Bisnis, 5(2), 123–132.
Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A. F. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember the Effect of Locations, Brand Images and Word of Mouth To Consumer Buying Decisions on Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 2460–9471.
Katemung, L. T. S., Kojo, C., & Rumokoy, F. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Genio Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 978–987.
Kayani, D., & Bestari, P. (2020). Peran Store Atmosphere Dalam Membentuk Minat Pembelian Berulang ( Studi Pada Kawasan Terpadu Wisata Punclut , Cafe Lereng Anteng ). IV(1), 30–34.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Manalu, V. G. (2020). Green Product Purchase Intention in Indonesia : Theory Planned. Jurnal Agri Sains, 4(2).
Tirtayasa, S., & Daulay, Y. A. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kecil Menengah Sektor Kontruksi Bengkel Las di Moderasi Kebijakan Pemerintah Pada Masa Pandemi Covid 19. MANEGGIO : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 106–122.
Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2018). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 87–96. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.231
Yanelka, F., Heryanto, I., Dwiyanisa, A., & Megawati, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi
Terhadap Kepuasan Nasabah. Acman: Accounting and Management Journal, 2(1), 42–50. https://doi.org/10.55208/aj.v2i1.29
DOI: https://doi.org/10.36355/jas.v6i1.826
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JAS (Jurnal Agri Sains)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.