STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KOMODITAS SAGU DI KECAMATAN ANGGABERI
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan ekonomi komoditas sagu dengan menggunakan 6 (enam) indikator bidang pengembangan pasar/ekonomi dalam menyusun strategi pengembangan usaha sagu di Kecamatan Anggaberi. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sensus, yaitu seluruh populasi dipilih sebagai sampel yaitu sebanyak 9 orang. Hasil penelitian menujukkan bahwa dari enam indikator pada bidang pasar/ekonomi yang mendapatkan kategori besar adalah indikator distribusi, struktur pasar, potensi pasar, keuntungan dan prasarana sedangkan yang mendapatkan kategori kecil adalah indikator persaingan produk sejenis. Nilai rata-rata skor akhir pada pengembangan usaha pasar/ekonomi tanaman sagu dengan skor akhir 2 untuk distribusi dan keuntungan dan bidang persaingan produk sejenis memiliki nilai skor akhir terendah yaitu 1.
Kata Kunci : Pengembangan, Ekonomi , Sagu.
ABSTRACT
This study aims to analyze the economic development of sago commodities by using 6 (six) indicators in the field of market/economic development in formulating a strategy for developing sago business in Anggaberi District. Determination of the sample in this study was carried out by census, namely the entire population was selected as a sample of 9 people. The results of the study show that of the six indicators in the market/economic sector, those in the large category are indicators of distribution, market structure, market potential, profits and infrastructure, while those in the small category are indicators of competition for similar products. The average final score on the market/economic development of sago crops with a final score of 2 for distribution and profit and the field of competition for similar products has the lowest final score of 1.
Keywords: Development, Economy, Sago.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afuah, A. 2004. Business Model: A strategic management approach. McGraw-Hill.New York.
Anoraga,P.2007.PengantarBisnis:Pendekatan bisnis dalam era globalisasi. Rineka Cipta.Jakarta.
Arikunto,S.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.Jakarta.
Assauri,S.2013.Manajemen pemasaran. Rajawali Pers.Jakarta.
Batseba, M. W. Tiro, S. Tijaroh, dan Usman. 2000. Teknologi
peningkatan produktivitas ayam buras.Loka Pengkajian Teknologi Pertanian Koya Barat Jayapura. Hal 24-28.
Fikriman, F. (2017). Tranformasi Pertanian dan Pembangunan Pedesaan. JAS (Jurnal Agri Sains), 1(2).
Ibrahim,K.dan H.Gunawan.2015. Dampak kebijakan konversi lahan sagu sebagai upaya mendukung program pengembangan padi sawah dikabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara. Pros Seminar Nasional Masyarakat Biodiversity Indonesia.1 (5),48-53.
Lecup, I. dan K. Nicholson. 2006. Kewirausahaan dalam bidang hasil tanaman keras dan hutan berbasis masyarakat. Regional Community Forestry Training Center for Asia and The Pasific Indonesia.Jakarta.
Mevita, A.S. 2013. Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen.Ilmu dan Riset Manajemen. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia,2(9),28-31.
Otto, dkk.2008. Pengembangan Komoditi Sagu sebagai Pangan Alternatif di Sulawesi Selatan. Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah ProvinsiSulawesi Selatan.
Timisela,N.R.2006.Analisis usaha sagu rumah tangga dan pemasarannya.Agroforestri.Fakultas Pertanian Unpatti Ambon, 1(3), 57-64.
Tirta, P. W. W. K., N. Indrianti, dan R.Ekafitri.2013. Potensi tanaman sagu (Metroxylonsp.) dalam mendukung ketahanan pangan di Indonesia. Pangan,22 (1),61-78.
DOI: https://doi.org/10.36355/jas.v6i1.810
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JAS (Jurnal Agri Sains)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.